Peresmian Bio Gas Ngawi

Facebook Line Instagram YouTube

Peresmian Bio Gas Ngawi

IMG-20170802-WA0006

Tri Dharma Perguruan tinggi : 1. Pendidikan 2. Penelitian 3. Pengabdian Masyarakat. HIMALISKAL dalam mewujudkan Tri Darma Pergurruan Tinggi yang ke-3 melalui departemen Pengabdian Masyarakat yang bekerjasama dengan Departemen Ristek dan juga Energinesia membuat Program Pengabdian Bio Gas di Dusun Ploso, Desa Posongamban, Kecamatan Kendal, Kabupaten Ngawi. Dengan harapan meningkatkan kreatifitas masyarakat tentang energy terbarukan dengan mencotohkan Bio Gas ini dan juga mengingatkan kesadaran masyarakat akan hal energy fosil yang sulit untuk diperbarui dan lama kelamaan akan habis.

 

Bio Gas ini menggunakan kotoran sapi yang dimiliki setiap warga disana, untuk kapasitas penyimpanan adalah 2-4 ekor sapi, yang nantinya ktoran sapi ini akan dicampurkan dengan air dengan perbandingan 1:1. Kemudian setelah dicampur, campuran tersebut dimasukkan kedalam tabung yang disimpan ke dalam tanah melalui saluran yang sudah dibuat, melakukan nya terus menerus setiap hari sehingga gas terbentuk dari bakteri – bakteri yang dihasilkan di dalam tabung  tersebut. Pada suatu saat tekanan gas dapat mendorong kotoran sapi yang sudah tidak mengandung gas keluar ke saluran pembuangan dan kotoran tersebut bisa digunakan menjadi pupuk.

 

Untuk Proses pembuatan gas memerlukan 17 hari, baru gas dapat digunakan dan untuk kedepannya tidak perlu menunggu 17 hari lagi hanya perlu mengisi tabung tadi dengan campuran ktran dan air saja gas sudah dapat dihasilkan terus menerus. Kemudian gas yang dihasilkan ini disalurkan langsung ke arah kompor. Dan saat ini Program Bio Gas ini sudah dapat digunakan untuk memasak oleh warga setempat.

 

Semoga dengan adanya program Pengabdian Masyarakat seperti ini menjadi manfaat bagi kita semua. Untuk dkumentasi – dokumentasi pada saat acara peresmian bisa dilihat di akun iG dan channel You Tube Himaliskal.

Leave a Reply

Your email address will not be published.Required fields are marked *